Selamat Tahun Baru

Kepada Ibu Prof. DR Ellen KUMAAT Rektor UNSRAT

beserta Staf PIMPINAN UNSRAT

Peralihan tahun 2021/2022 membawa saya pada suatu realita yang te4nyata membutuhkan satu masa adaptasi yang cukup lama. Realita baru yang dihadapi adalah fakta bahwa tidak ada lagi “doing business as usual” akan tetapi kita harus siap akan adanya perubahan yang mendadak dan nyata disamping perubahan yang perlahannya samapai hampir2 tidak terdeteksi.

Dalam suasana demikian saya menulis postingan ini.

Oleh karena faktor dominan dinegara kita yang penduduknya melampaui 210 juta jiwa maka jelas bahwa yang pertama2 harus di upayakan adalah agar kita SELAMAT, sejahtera dan sehat. Faktor yag kedua adalah agar lingkungan atau habitat yang dipercayakan keberadaannya kepada kita tetap terjaga

Bagi negara dan bangsa kita tentu satu bimbingan yang jelas dan tegas telah diperlihatkan oleh Presiden Jokowi dengan peresmian Kawasan Hijau Industri Kaiimantan. Karena kelihatannya masalah dana sudah disiapkan ketersediaanya, makan kini yang paling penting adalah bahwa untuk merealisasikan rencana ini dibutuhkan sangat banyak tenaga kerja yang masih harus dipersiapkan, Dan dalam persiapan ini sangat dibutuhkan dukungan/bantuan dari universitas2. Beberapa hal mengenai rencana pemerintah dalam Kawasan ini saya persiiahkan Anda untuk mencari di internet dan melihat kedua video dibawah ini.

Untak dapat memberikan dukungan yang diharapkan dalam hal persiapan tenaga kerja untuk Kawasan Hijau dan juga untuk industri petrokimia maka bagi Universitas SAM RATULANGIE saya usulkan agar di Fakultas Teknik perlu diadakan program ekstenifikasi jurusan dan di jurusan yang telah ada diadakan program intensifikasi penyesuaian agar supaya selambat2nya pada awal semester ganjil yad telah dapat beroperasi.

Jadi sisa semester ini digunakan untuk menjyusun program dan rekrutmen jikalau mungkin.

Satu hal yang juga perlu dipersiapkan adalah program kerjasama dengan Fakultas Teknik UI atau ITB untuk dapat mengawaii perencanaan program perluasan FakultasTeknikUNSRAT ini.

Untuk sementara dalam situasi dan kondisi sepert sekarang ini saya menunggu pertanyaan dari pihak UNSRAT.

Ini adalah dua bahan referensi yang perlu disimak untuk dapat lebih mengerti kebutuhan, tenaga kerja yang perlu didukung pembinaannya oleh berbagai Universitas di Indonesia.

Terima kasih atas perhatian Anda

Jakarta, 25 Januari 2022

DR Matulanda SUGANDI-RATULANGI

Published by laniratulangi

I am a retired chemical consultant, now enjoying my "golden years", dedicating myself to all sorts of hobbies: reading, blogging, digging

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: